Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/empangra/public_html/wp-settings.php on line 472

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/empangra/public_html/wp-settings.php on line 487

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/empangra/public_html/wp-settings.php on line 494

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/empangra/public_html/wp-settings.php on line 530

Strict Standards: Declaration of Walker_Page::start_lvl() should be compatible with Walker::start_lvl(&$output) in /home/empangra/public_html/wp-includes/classes.php on line 594

Strict Standards: Declaration of Walker_Page::end_lvl() should be compatible with Walker::end_lvl(&$output) in /home/empangra/public_html/wp-includes/classes.php on line 594

Strict Standards: Declaration of Walker_Page::start_el() should be compatible with Walker::start_el(&$output) in /home/empangra/public_html/wp-includes/classes.php on line 594

Strict Standards: Declaration of Walker_Page::end_el() should be compatible with Walker::end_el(&$output) in /home/empangra/public_html/wp-includes/classes.php on line 594

Strict Standards: Declaration of Walker_PageDropdown::start_el() should be compatible with Walker::start_el(&$output) in /home/empangra/public_html/wp-includes/classes.php on line 611

Strict Standards: Declaration of Walker_Category::start_lvl() should be compatible with Walker::start_lvl(&$output) in /home/empangra/public_html/wp-includes/classes.php on line 705

Strict Standards: Declaration of Walker_Category::end_lvl() should be compatible with Walker::end_lvl(&$output) in /home/empangra/public_html/wp-includes/classes.php on line 705

Strict Standards: Declaration of Walker_Category::start_el() should be compatible with Walker::start_el(&$output) in /home/empangra/public_html/wp-includes/classes.php on line 705

Strict Standards: Declaration of Walker_Category::end_el() should be compatible with Walker::end_el(&$output) in /home/empangra/public_html/wp-includes/classes.php on line 705

Strict Standards: Declaration of Walker_CategoryDropdown::start_el() should be compatible with Walker::start_el(&$output) in /home/empangra/public_html/wp-includes/classes.php on line 728

Strict Standards: Redefining already defined constructor for class wpdb in /home/empangra/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 306

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/empangra/public_html/wp-includes/cache.php on line 103

Strict Standards: Redefining already defined constructor for class WP_Object_Cache in /home/empangra/public_html/wp-includes/cache.php on line 425

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/empangra/public_html/wp-includes/query.php on line 21

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/empangra/public_html/wp-includes/theme.php on line 623

Strict Standards: Redefining already defined constructor for class WP_Dependencies in /home/empangra/public_html/wp-includes/class.wp-dependencies.php on line 15

Strict Standards: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, non-static method Rb_Internal_Links::enable() should not be called statically in /home/empangra/public_html/wp-includes/plugin.php on line 311

Strict Standards: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, non-static method Rb_Internal_Links::addWysiwygFilters() should not be called statically in /home/empangra/public_html/wp-includes/plugin.php on line 311

Strict Standards: Non-static method Rb_Internal_Links::loadOption() should not be called statically in /home/empangra/public_html/wp-content/plugins/rb-internal-links/rb-internal-links.php on line 270

Strict Standards: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, non-static method cformsRSS::vars() should not be called statically in /home/empangra/public_html/wp-includes/plugin.php on line 163

Strict Standards: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, non-static method cformsRSS::outputRSS() should not be called statically in /home/empangra/public_html/wp-includes/plugin.php on line 311
Budidaya Ikan Gurame | Empang Raddina

Budidaya Ikan Gurame

Ikan Gurame

Budidaya Ikan Gurame

Dikutip dari: Tani Merdeka

Selain lebih mahal, ikan Gurame memiliki banyak penggemar fanatik, sehingga cocok dikembangkan untuk menambang keuntungan.

Ikan gurame adalah ikan air tawar yang banyak digemari konsumen. Dagingnya empuk, rasanya enak dan gurih. Dan, harganya pun lebih mahal kalau dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya. Sebagai perbandingan, harga gurame segar di tingkat konsumen Rp25.000 - Rp 35.00 per kg, sementara ikan mas Rp12.000 - Rp14.000 per kg.

Selama ini masyarakat mengenal beberapa jenis gurame, antara lain: Angsa, Jepun, Blausafir, Paris, Bastar dan Porselen. Gurame Porselen lebih unggul dalam hal menghasilkan telur. Jika induk Bastar hanya mampu menghasilkan 2.000-3.000 butir telur, Porselen memproduksi 10.000 butir. Karena itu Gurame Porselen disebut top of the pop.

Kolam yang baik untuk gurame berasal dari jenis tanah liat/lempung, tidak berporos dan cukup mengandung humus. Jenis tanah seperti ini dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor. Kemiringan tanah berkisar 3-5% untuk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.

Ikan gurame dapat tumbuh normal di daerah pada ketinggian 50-400 m dpl. Kualitas air pemeliharaan harus bersih, dasar kolamnya tidak berlumpur dan tidak terlalu keruh. Kedalaman kolam 70-100 cm. Pengairan yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan ikan.

Pembesaran gurame dapat dilakukan secara polikultur dan monokultur. Polikultur adalah cara pemeliharan gurame secara bersama-sama dengan ikan jenis lain, seperti tawes, mas, nilam, atau mujair. Cara ini lebih menguntungkan, mengingat pertumbuhan gurame lambat.

Sedangkan monokultur, pemeliharaan khusus untuk gurame. Bibit yang ditebar minimal berumur 2 bulan. Debit air kolam yang baik 3 liter/detik, sedangkan polikultur idealnya 6-12 liter/detik. Dengan keasaman air (pH) 6,5-8, dan suhu berkisar 24-28 derajat C.

Kolam budidaya gurame terdiri dari kolam penyimpanan induk, pemijahan, pendederan, pembesaran, dan pemberokan. Kolam pembesaran berfungsi membesarkan benih. Adakalanya diperlukan juga beberapa kolam jaring berukuran 1,25-1,5 cm. Jumlah bibit yang ditebar sebaiknya tidak lebih dari 10 ekor/meter persegi.

Kolam pemberokan adalah tempat pembersihan ikan sebelum dipasarkan. Kolam ini berukuran 10 x 10 m. Lebar pematang bagian atas 0,5 m, dan bagian bawah 1 m dengan ketinggian 1 m.

Makanan pokok ikan gurame berupa pelet. Namun, di daerah yang sulit memperoleh pelet dapat menggunakan alternatif lain, berupa daun-daunan, seperti: pepaya, keladi, ketela pohon, genjer, kimpul, kangkung, ubi jalar, ketimun, labu dan dadap.

Pemupukan sebaiknya dilakukan setiap kali pemeliharaan, dan pada saat kolam dikeringkan, dengan tujuan untuk meningkatkan makanan alami. Caranya, pertama-tama diberi pupuk kandang 7,5 kg untuk tiap 100 m2 kolam. Air disisakan sedikit demi sedikit sampai ketinggian 10 cm, dan dibiarkan selama 3 hari. Kemudian dilanjutkan pupuk buatan (kimia), seperti TSP atau Urea, 500 gram setiap 100 m2 kolam. Pupuk ditebarkan merata ke setiap dasar dan sudut kolam.

Panen gurame tergantung permintaan konsumen. Umumnya, setelah gurame berumur 2-3 tahun. Umur 2 tahun, ukuran panjangnya mencapai 25 cm, dan berat 0,3 kg/ekor, umur 3 tahun panjangnya sekitar 35 cm dan beratnya 0,7 kg/ekor. Untuk ikan berumur 4 tahun panjangnya dapat mencapai 40 cm dan berat 1.5 kg/ekor.

February 04 2009 08:21 pm | ikan gurame

70 Responses to “Budidaya Ikan Gurame”

  1. maharani Says:

    2-3 tahun?kelamaan ya klo buat uji coba budidaya

  2. empangraddina Says:

    Salam Kenal buat Maharani..
    memang untuk budidaya ikan gurame memerlukan waktu yang cukup lama jika kita mulai dari menanam benih telur atau larva sampai dengan ukurann konsumsi, tapi kita bisa budidayakan ikan gurame disetiap fase atau ukurannya. contoh: kita bisa mulai beli bibit ukuran larva lalu kira2 2bulan sudah bisa kita jual dengan ukuran jempol, atau bisa juga beli bibit ukuran rokok super lalu kira2 5-6bulan sudah bisa kita panen dengan ukuran 2ekor/kg, tergantung pasar mana yang akan kita bidik, demikian semoga bermanfaat

  3. Anggie Says:

    Salam kenal, apa boleh saya tanya alamat empanggraddina ini dimana? karena ayah saya ingin mencoba membudidayakan gurame namun ingin langsung datang kesana untuk belajar.

    Terima kasih
    Anggie

  4. empangraddina Says:

    Salam kenal Anggie,,
    Senang sekali jika informasi yang ditulis di web ini bisa bermanfaat, namun kami juga saat ini masih dalam tahap belajar sembari praktek mengenai budidaya ikan air tawar, lokasi empang kami ada di desa situdaun kampung cikupa rt3/rw1 kec. tenjolaya ciampea bogor. sebaiknya jika berencana berkunjung ke empang kami bisa kontak dulu ke no hp:0818917988 dengan Wahyudi Setyawacana atau kirim email ke: service@empangraddina.com, demikian sampai ketemu di empang kami, terimakasih

  5. parto Says:

    mau tanya nih,jual telur gurami gak ?perbutirnya berapa untuk di daerah jogja..
    Trimakasih.

  6. surya Says:

    Salam kenal,anggie
    saya surya,saya baru saja ingin memulai usaha ternak gurami.
    namun ada kendala yang saya punya,
    saya punya lahan di kawasan tanggerang.dan lahannya itu termasuk lahan padat dengan penduduk.karena letaknya di tengah2pemukiman .
    kira2 mempengaruhi perkembangan gurami tidak jika saya membuat ternak gurami di sana, dan apa bisa tumbuh sehat di kawasan yang agak lumayan panas itu..
    wassalam

  7. Ipan Says:

    Dear All,

    Sy mo jual gurame beberapa ukuran…kalo ada yang berminat bisa menghubungi 081322823841, siap memasok secara rutin….

  8. empangraddina Says:

    Terimakasih Bapak Ipan sudah mempromosikan hasil budidaya bibit guramaenya melalui website kami, bagi yang membutuhkan segera hubungi Bapak Ipan, semoga sukses

  9. empangraddina Says:

    Apa Kabar Bapak Surya..
    Terimakasih atas pertanyaan dan kunjungan Bapak di website kami.
    Pembesaran ikan gurami dapat berkembang dengan baik dengan suhu air antara 28-32 derajat celcius.
    namun dengan letak lahan yang ditengah pemukiman harap di pastikan dulu sumber air untuk kolam Bapak tidak terkontaminasi limbah keluarga.
    memang pembesaran ikan gurame sebaiknya terletak di daerah yang tidak ramai dan tenang, karena gurame ada sifat mudah terkejut jika mendengar suara dan gerakan yang tiba2 hal ini dapay mengakibatkan ikan menjadi stress.
    demikian informasi yg dapat kami berikan semoga membantu.

  10. aufa Says:

    pak, saya berniat memelihara gurame hanya dikolam kecil samping rumah 3×3 m, buat hobby . kira-kira selain efek keramaian yng membuat ikan stress, apakah dengan areal kecil cukup mempengaruhi juga.

    jika masih bisa idealnya berapa banyak ikan yg bisa kita pelihara ? ukuran yg cocok untuk memulainya ?

    jika beli dibapak, ada minimal pembelian tidak.

    terima kasih banyak,

  11. empangraddina Says:

    Salam Kenal Pak AUFA
    salut buat Bapak Aufa yang masih menyisakan tempat buat pelhara ikan dirumah,,walaupun dengan ukuran kolam 3X3 ikan gurame yang akan Bapak pelihara sebenarnya tidak ada kendala, yang penting medianya disiapkan dengan baik seperi kondisi air dan kepadatan ikan yang akan dipelihara.
    mengenai ukuran ikan kami rasa semua ukuran cocok dipelihara dilokasi Bapak, tergantung ingin dipanen di ukuran berapa. untuk awal pelihara boleh kami sarankan ukuran super sehingga 4-5 bulan kedepan dapat dipanen dengan ukuran konsumsi sekilo 4-5 ekor.
    kami siap menyediakan bibit ikan gurame kebutuhan Bapak Aufa, mungkin bisa dicoba dengan ukuran super sebanyak 400-500 ekor.
    terima kasih

  12. edu Says:

    Kami berminat ternak Gurame. untuk sekitar wilayah semarang dimana saya bisa memperoleh bibitnya? Terima kasih.

  13. empangraddina Says:

    Salam Kenal Bapak EDU…
    yang kami ketahui di kota semarang ada sentra usaha perikanan air tawar di Kec. Banyubiru, Ungaran, Jambu, Pabelan, Suruh.
    ,,mudah2an dapat membantu
    terimakasih

  14. andi rustam Says:

    salam
    mau tanya bang
    indukan gurame berapa harganya ya perekor.?

  15. ari Says:

    Pak, kenapa ikan di empang saya terkena penyakit bercak2 ditubuhnya? dan satu persatu pada mati. apa obat untuk jamur di ikan gurame ,ikan saya berukuran 4 jari, empang saya berukuran 4×6. apakah gurame lebih bagus diair diam atau air mengalir, saya sudah menaburkan garam , saya sudah memisahkan yang sakit dan yg sehat tetap saja mati. bagaimana cara mengobati dan pencegahan
    terima kasih

  16. hobol mulia siregar Says:

    medan 21july 2009

    salam kenal pak

    Tahun depan sy pensiun ut kegiatan sy punya lahan 20 x 100 m rencana mau sy buat kolam pembesaran ikan gurami menurut bp sebaiknya ukuran berapa kolam sy buat,bibit umur brp bulan serta berapa jumlah bibit satu kolam insyALLAH bp bisa membantu
    terimakasih

  17. rony Says:

    salam sukses sebelumnya pak..
    mau tanya pak,klo pake kolam terpal 8×4x1 utk budidaya gurame dgn tebar bibit ukuran 5jari org dewasa bisa nampung brp ekr pak?dan brp lama panen sampai ukuran 2-3ekr/kg..dan apa harus tetap pakai aerator pak?..saya ucapkan terimakasih banyak pak,mudahan usaha bapak semakin sukses,amin..

  18. rony Says:

    sekali lagi pak saya mau tanya..bagai mana perawatan gurame yg sisiknya terinfeksi seperti kapas pak.apa masih ada harapan untuk sembuh pak??

  19. GaLam Says:

    maLam saya dan ayah saya br memulai beternak gurame dan nila,,,tp ada kendala dengan yg gurame. kami mmg menggunakan kolam semen dan dcampur dengan mujair,baru 2 minggu saja sudah ada 40an gurame yg mati,,tp mujair dan nilanya tdk…kira2 kenapa ya?apa ada syarat khusus untuk pengairannya(km menggunakan pengairan alami dr setu terdekat)….thx b4… XD

  20. empangraddina Says:

    Pak Rony..
    sepertinya gurame bapak terserang jamur Achlya sp dan Saprolegina sp dimana memang tanda2nya adanya hypa atau kapas, harapan sembuh masih ada pak, kami biasa mengendalikan serangan jamur tersebut dengan larutan MB (Methylene blue)

    terimakasih mudah2 membantu, dan salam sukses

  21. empangraddina Says:

    Pak Rony..
    untuk kolam ukuran yang bapak miliki bisa diisi dengan 250-300 ekor bibit gurame ukuran telapak tangan dewasa, kami biasanya dengan bibit ukuran tersebut bisa dipanen dalam waktu 3-4bulan mencapai ukuran 3-2 ekor/kg.
    mengenai pemasangan aerator di kolam plastik akan lebih baik,
    terimakasih..sukses juga buat pak rony

  22. empangraddina Says:

    Salam kenal Pak Mulia Siregar..
    lahan yang bapak miliki bisa dibuat beberapa kolam yang nantinya bisa ditanami ikan berbagai ukuran yang bisa diatur siklusnya dari ukuran bibit sampai dengan konsumsi. mengenai berapa jumlah ikan yang akan dipelihara bisa disesuaikan dengan ukuran masing2 kolam yg bapak buat.

    mudah2an dapat membantu
    terimakasih

  23. empangraddina Says:

    Buat Pak Ari..
    sebelumnya kita pastikan dulu penyakit apa yang menjangkiti ikan yang kita pelihara apakah itu disebabkan bakteri atau jamur, biasanya kami menggunakan MB(methlene blue) untuk pengendali jamur dan antibiotik gold100 untuk pengendali bakteri.

    kolam gurame bisa diair tenang dengan debit air yang kecil untuk sirkulasinya.

    demikian, mudah2an dapat membantu
    terimakasih

  24. hariyanto Says:

    salam kenal saya harri, saya mau tanya harga daging ikan gurame ukuran 0,4-0,6 kg/e sekarang berapa yah? dengar2 harga daging turun yah, karena musim kemarau. terima kasih.

  25. empangraddina Says:

    Apa Kabar Pak Hari..
    Sementara ini jika harga ikan gurame yang kami budidayakan masih sama rata2 28-30rb/kg di kolam,
    biasanya fluktuasi harga lebih di karenakan ketersediaan ikan di petani, jika kondisi panen bersamaan sehingga stock ikan banyak maka biasanya harga ikan akan turun, namun khusus ikan gurame fluktuasinya tidak terlalu tajam

    terimakasih

  26. rony Says:

    pak kenapa ya bibit gurami saya ukuran kuku yg sedang saya budidayakan setiap hari ada aja yg mati,awalnya ikan terlihat ngumpul di permukaan warna tubuh agak gelap.itu biasa karna faktor apa ya pak??kolam penampungan saya 1×2 ketinggian air kr2 20cm dan masing2 saya masukan bibit 500ekr..dan saya minta sarannya pak gimana baikanya menurut bapak klo ingin mendederkan bibit dari ukuran kuku,..sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak pak atas bantuannya

  27. Edi S Says:

    Aku mau order Bibit gurami & patin Gimana caranya Maz…?? Dan berapa minimal order???????
    Aku di Jawa Timur
    Salam

  28. asep Says:

    Dear All,

    Mohon informasi untuk sentra2/tempat pemasaran/pengepul ikan hasil panen kita.

    Tks

  29. supriyatman Says:

    mau tanya kang… kalau induk gurame porselen di mana bisa di dptkan dan harganay berapa… thanks

  30. Ellynda Says:

    Pak, Gurame Soang itu kategori yang mana? Kalau note dari blog bapak tidak ada(”…beberapa jenis gurame, a.l: Angsa, Jepun, Blausafir, Paris, Bastar dan Porselen).
    Kalo pembesaran gurame sd 90-100 hari langsung panen…itu bibit ukuran yang mana? Butuh bibit brp kg ya kalo mau panen sekita 2 - 2.5 ton per 3 bln? Apakah cukup pakan pelet sktr 100 bal?

  31. sulistyo Says:

    Yth bapak/ibu

    kami petani bibit gurami di bantul,Menyediakan bibit gurami berbagai ukuran.
    http://udwahyujati.blogspot.com
    http://putrapilarjaya.indonetwork.com
    info : 081227527333
    terima kasih atas ijin untuk penawaran

    salam
    sulistyo

  32. empangraddina Says:

    Salam Kenal Bapak Sulistio
    Terimakasih atas penawarannya, semoga pembaca yang berminat segera menghubungi Bapak
    salam sukses

    Terimakasih

  33. empangraddina Says:

    Salam Kenal Bapak/Ibu Ellynda

    Terimakasih atas kunjungannya di website kami, gurame soang adalah jenis gurame dengan bentuk tubuh relatif panjang, mencapai 65 cm. Berat tubuhnya mencapai 6 - 12 kg per ekor atau rata-rata 8 kg per ekor.Warna tubuhnya abu-abu dengan sisik yang relatif lebar. Produktivitas telur gurami soang tergolong cukup banyak
    Untuk ukuran bibit yang dapat dipelihara 3bulan panen adalah ukuran bibit kg, yaitu 1kg isi 6-4 ekor. untuk mencapai target panen 2-3 ton maka kita bisa pelihara bibit ukuran tersebut seberat 1-1,5 ton dengan asumsi konversi pakan 50% maka dibutuhkan pakan sekitar 2,5-3ton
    dmikian mudah2an dapat membantu

    Terimakasih

  34. ipan Says:

    Terimakasih buat empangraddina,

    alhamdulillah sudah ada beberapa pengunjung yang berkomunikasi dengan saya mengenai penjualan gurame soang..

    Buat rekan-rekan yang masih berminat ternak gurame..insya alloh stock bibit gurame soang masih tersedia.

    Kolam ada di Singaparna-tasik tempat gurame soang berasal.

  35. ipan Says:

    Oiya…

    Rekan2 bisa menghubungi 081322823841

    Terima kasih

  36. sodiq Says:

    kami petani ikan di wilayah tulungagung, jawa timur.
    kami menyediakanberbagai ukuran bibit gurami ada : 1cm, 2cm, 1 silet, 1 bungkus korek api. dan kami siap mensuplai diseluruh wilayah indonesia. kami mengharap kerjasamanya untuk pemasaran ikan-ikan kami. dan terimakasih sebelumnya.

  37. sugito Says:

    Salam kenal bapak/ ibu

    Apakah ada yg tahu bagaimana membudidayakan Gurame dalam kolam terpal..?? Bagaimana jika di budidayakan dalam jumlah yg banyak,Idealnya 1 m isi brp dan bagaimana penggelolaan airnya, krn di tempat kami air sangat terbatas ( bukan air mengalir )dan minat masyarakat tinggi dalam mengembangkan Gurame.Ditempat kami tidak mungkin buat kolam tanah, selain air terbatas juga tanahnya tidak bisa nahan air.
    Mohon bantuan atas persoalan kami, Sebelumnya kami ucapkan banyak terimakasih,

    Sugito
    085228422889

  38. trish Says:

    mas sbelumnya sya mhon maaf,.. sya mau nanya nih skalian minta tolong, moga2 aj mas tau atw ad n nolongin saya :)
    gni mas saya mau minta data jumlah produksi benih gurami di kabupaten sleman serta jumlah permintaan benih guraminya,. saya sangat perlu data itu mas buat nyusun proposal praktek akhir saya di sleman..
    tlong banget ya mas klu seandainya mas pnya data yg saya perlukan, tlong kirim ke email saya aj.. trish_bkl@ymail.com ,sebelumnya saya ucapkan terimah kasih banyk nih mas..

  39. Toni Says:

    Hai teman-teman peternak gurame dan penggemar gurame, perkenalkan nama saya toni domisili di Tangerang, saya perlu modal untuk merealisasi cita-cita saya menjadi raiser bibit gurame di wilayah saya tangerang dan cengkareng. Saya mau lelang ikan gurame saya untuk saya tukar dengan telor gurame. Adapun guramenya ada 500 ekor super ukuran tampelan/bungkus rokok, 2.000 ekor ukuran tiga jari, 2.000 ekor ukuran bungkus korek, 600 ekor ukuran sekilo 4 ekor. Bagi yang bisa membantu aku akan bagi ilmu dan jadi mita usaha seumur hidup dan aku ucapkan banyak terima kasih. Apakah empang raddina bisa membantu? Hubungi toni di 021-95434700 ato di 021-5583948. TQ

  40. hardi haryono Says:

    Yth Bapak/Ibu
    Saya sangat tertarik budidaya ikan air tawar, khususnya
    gurame. Rencana budidaya di jateng,(sekitar Ungaran).
    Mungkin kerjasama dgn penduduk setempat(sistem plasma).
    Kalau bisa dan ada pemasarannya, saya sangat berminat.
    Terimakasih

  41. lukman Says:

    temen2 ak pengen tau banyk masalah pembenihan gurami tlng info nya y.ak lagi coba2 mendederkan guarami ne.lukman jambi

  42. indar Says:

    pak sodiq ….lokasi budidaya gurami bapak di Tulungagung dimana ? kalau boleh saya pingin belajar dari bapak dg mengunjungi langsung

  43. nawer ponorogo Says:

    asss smua saya salah satu pembibit gurami di ponorogo disini kami pnya kelompok beranggotakan 13 orang kami menyediakan bibit gurami ukuran silet dg harga 600 perbiji,selain itu kmi juga ada gurami konsumsi harga bsa nego langsung yang minat silahkan knjungi kami dialamat dsa mangunan tulung sampung dg ketua kelompok bpk iwan

  44. peribadi widodo Says:

    klu budidaya gurame resiko kematian banyak nggak ya…? terus jenis air berpengaruh nggak pada perkembangan gurame

  45. nunung Says:

    salam kenal

    mo tanya lokasi tempat dimana? jual bibitnya ndak ? dan terakhir apa bisa budidaya ikan gurami tempatnya hanya kecil saja untuk pemula.terimakasih atas pemberitahu.anya

  46. Suryana Says:

    Bapak2

    Bila membutuhkan gurame soang untuk bibit atau konsumsi
    silahkan menghubungi saya.

    Sedia juga telur Gurame Soang

    Kolam di Singaparna Tasikmalaya

    Telp. 081320123605 (Suryana)

  47. empangraddina Says:

    Assalamualaikum
    Ibu Nunung Apa Kabar?
    Lokasi kolam kami di Bogor tepatnya di Kampung Cikupa Desa Situdaun Rw 01/ Rt 03 Tenjolaya Ciampea, namun kami juga bisa kirim ke lokasi di beberapa daerah.
    Pemeliharaan ikan gurami bisa dilakukan di beberapa media skla besar maupun kecil, namun yang penting adalah dari sisi penanganannya seperti kondisi air, jenis bibit, dan penanggulangan penyakit. selain itu kita juga harus perhatikan aspek bisnisnya yaitu pasar setelah ikan siap di panen.

    Terimakasih

  48. pak agus Says:

    update:
    saya juga menyediakan BIBIT PATIN,LELE SANGKURIANG,DUMBO,PAYTON,GURAME
    HARGA: BIBIT LELE SANGKURIANG DAN PAYTON
    1-2CM :RP 60/EKOR
    2-3CM :RP 80/EKOR
    3-5CM :RP 100/EKOR
    5-7CM :RP 125/EKOR
    7-9CM :RP 150/EKOR
    DLL
    GURAME:
    UKURAN KOREK GAS : 800/EKOR
    UKURAN SILET : 950/EKOR
    DLL
    PATIN :
    UKURAN 5 CM : 400/EKOR
    DLL
    DAN MASIH ADA LAINNYA UNTUK BIBIT IKAN TAWARNYA.
    SAYA AKAN MEMBANTU SAMPAI PEMASARANNYA WAKTU PANEN.
    bisa hub saya di 081 233 022 331/0351 805 8149/085 736 341 780 (CALL OR SMS) lokasi saya di ngawi madiun Jatim
    email august.topo@yahoo.com

  49. Dani Says:

    Pak saya mau tanya mengenai vaksin anti KHV ( untuk herpes ikan mas ) yang katanya sudah tiba di Indonesia. Bagaimana menurut rekan2 semua? info dari website http://www.vaksinikan.com

  50. Rahman Says:

    Terima kasih sebelunnya Pak.
    Perkenalkan nama saya Rahman.
    Saya amat beruntung sekali bila Kita bisa bekerjasama kembangkan Perikanan di Daerah Sauya
    Saat ini aktifitas Saya ada di Ngawi sebagai Penyuluh Perikanan….

  51. wahyu Says:

    assalm.
    perkenalkan nama saya Wahyu, punya kolam gurame di Kediri-Jatim, ini pertama kalinya saya memelihara ikan ini, sekarang punya sekitar 1200 ekor dengan berat rata2 0.45 kg/ekor..mohon diinformasikan ke saya jika ada komunitas pedagang gurame di daerah saya, sekarang saya berharap dapat memanen dan memasarkannya…
    terimakasih,
    Salam.
    wahyubrollen@yahoo.com

  52. joe hann Says:

    kasih terima sebelumnya nama saya joe hann
    saya menpunyai induk dan bibit gurame cukup banyak dan siapa yang berminat hubungi 081266746473 //saat ini saya tinggal di sumatera barat (kab.padang pariaman,kec patamuan,jl.sicincin-pariaman)

  53. Oom Idol Says:

    Saya Berniat Menjadi Petani ikan Gurame sebagai Sampingan kerja Kantor saya.
    Kalo ada yang Tahu tentang Profil Ikan Gurame..
    tentang Umur,Berat dan Prospek Wilayah Kota Bandung.Maksih….

  54. aisya Says:

    om idol , untuk Bandung , bisa jual di tempat pasar hg , dia lagi cari banyak gurame untuk di jual di toko mereka , untuk bapak yang di kediri Yokya katannya banyak cari satu minggu 5 ton untuk 35 resto , traning di Bandung di Sterling aquaculture , saya dapat info katannya Bali banyak cari gurame . untuk om idol kasih saja email bapak saya email alamat traning ok

  55. mariska Says:

    terima kasih sebelumnya untuk empang Raddina,saya petani gurame yg baru merintis,saya punya benih gurame ukuran telapak tangan,berapa yah harganya?tolong informasinya,dan yg berminat saya ada 500 ekor,bisa hub.saya 08170795601 dengan ika,depok,terima kasih.

  56. Dedy Says:

    Assalamu ‘alaykum. WW.
    Salam kenal.

    Saya Dedy kerja di Jombang-Jatim, sy juga punya rumah di Bojong Gede-Bogor-Jabar dimanaa sekarang sedang trend pendederan Gurami (dr telur)….
    Saya tertarik sekali beternak (s.d siap konsumsi) di Jombang… apakah ada peternak disekitar Jombang dimana sy dapat belajar dan memeli bibitnya.

    Kepada Pa Wahyu,
    Kedirinya dimana pak… bolehkah saya main untuk belajar pembesaran Gurami… HP sy 085735330011. Sy seringkali ke Kediri utk urusan kantor.

    Terimakasih.

    Dedy R

  57. IHWAN HADI Says:

    kami petani gurami ponorogo,mhn info untuk penjualan ikN GURAMI konsumsi sblumnya trims

  58. togie Says:

    salam kenal. nama sy togie. sudah setahun ini cb budidaya gurami mulai dr telor. alhamdulillah, biarpun kmrn pd kna cacar, tp skrng dh smbh. dh ada yg brbobot 7 ons. untuk benih, sy punya brbagai ukuran. per bulan sedia 20rb ekor kuku, 7000 silet, 4000 korek, 2000 bungkus rokok. biasanya cm d pasarkan d purwokerto. tp pngn nyba keluar kota jg. untuk info bs hub 081327927997

  59. Robin Says:

    Saya Petani Gurame di Medan, Mohon Info Pemasaran Gurame di Medan

  60. novi sarwanto Says:

    pak sy punya ikan gurame 1000 ekor akhir desember thn ini panen bobot kisaran dr 450 gr sampai 700 gr.lokasi di trenggalek kota,jawatimur dekat dgn jalan raya.dimn pak kami harus jual klo ada informasi yg mo beli silahkan email atau hubungi kami 085752074765 atau 081359055667 bpk novi.

  61. Roshi Says:

    Mohon informasi penjual bibit gurame di wilayah Bandung Jawa Barat, Trims.

  62. bu meis Says:

    terima kasih sebelumnya atas situs mengenai pemeliharaan ikan gurame.
    tapi saya membutuhkan uraian untuk cara pemeliharan ikan nilem (bukan gureme) yang masih kecil, yaitu yang panjangnya sekitar 3-5 cm, karena ikan itu saya gunakan untuk bisnis terapi pengobatan ( yaitu dengan cara mematuk matuk kaki orang2 yang ingin berobat berbagai penyakit ).Ikan nilem tsb saya tempatkan di kolam ikan di rumah ukuran 4 meter x 2 meter, tinggi 50 cm. saya taruh sekitar sejumlah 35 kg. tapi tiap hari mati terus. awal2 mati sekitar 4 kg, lalu sekitar 10 kg.sedangkan yang besar2 yang ukuran sekitar 15 cm jarang yang mati,paling 1 demi 1.tiap malam saya beri daun pepaya untuk pakannya.tiap pagi saya angkat daun2 itu karena ikannya akan digunakan untuk terapi tamu yang datang. tolong infokan saya cara pemeliharaan yang benar supaya ikannya tidak mati lagi.Terima kasih sebelumnya.

  63. Diana Novi Says:

    Mohon info bantuan,

    untuk kunjungan budidaya ikan tawar yg dapat kami kunjungi lokasi Bandung sekitar, setiap bulan mulai april s/d des 2011,

    segera di info :
    ke Diana Novi
    Telp : 021 - 7209729
    email : novi@menaragroup.com

  64. rifqi Says:

    mohon informasi penjual bibit gurami di surabaya dan sekitarnya.trims

  65. rizky Says:

    mau tanya alamat empang radina ini di daerah mana ya?

  66. mas vier Says:

    salam…
    mau tanya, ada yg punya bibit dan usaha ternak gurai di malang…tolong kasih alamatnya…terima kasih..

  67. eko waluyo Says:

    tksh,

  68. Ria Says:

    AsaLamualaikum…

    Bagaimana cara membudidayakan gurame supaya cepat besar…
    trima kasih…

    WasaLamu’alaikum

  69. Aliyah Says:

    ingin ikut budidaya ikan gurame.

  70. pemeliharaan mesin Says:

    tips yg bgs

Leave a Reply